Selasa, 06 Januari 2015

Pemimpin Terbaik Sepanjang Masa

Assalamualikum
Bismillah
Malam agan dan sista, Malam ini saya menulis artikel mengenai "Siapa sih Pemimpin Terbaik Sepanjang Masa itu".mungkin kalian ada yang setuju sama pendapat saya ini,mungkin juga ada yang tidak....

saya akan mulai dengan yang nomor wahid  ....

cekidot !!!!!!!

Rasulallah Shallahu Alaihi wasallam

Rasulullah Muhammad Shalallahu alaihi wasalam adalah seorang agamawan, negarawan dan pemimpin yang bijaksana. Jika kita membaca sirah nabawiyah maka akan dapat kita jumpai beribu-ribu teladan yang ditampilkan oleh beliau saat memimpin bangsa jahiliyyah menjadi masyarakat madani yang islamiyah. Bukan saja karena Allah sudah menetapkan beliau sebagai seorang uswah hasanah sebagaimana tertuang dalam Al-Ahzab ayat 21.”Laqad kaana lakum fii rasulillahi uswatun hasanah.”, tapi memang karena prilaku dan akhlak Nabi saw sangat indah dan terpuji.

Sayyidah Aisyah bahkan ketika ditanya tentang akhlak Nabi, beliau menjawab,” Kaana akhlakuhu huwal qur’an.” Akhlak beliau adalah Al-Qur’an. Ungkapan sederhana ini memiliki makna yang sangat dalam, sebab untuk mengetahui  akhlak Rasulullah maka kita harus memahami Al-Qur’an sebab kita tidak pernah berjumpa dengan beliau.
Baginda Nabi Saw adalah sosok pemimpin yang dihormati dan ditaati oleh umatnya, hal itu karena beliau selalu mengamalkan dan mengerjakan apa yang beliau hendak perintahkan, dan menjadi orang pertama yang meninggalkan apa yang beliau larang.
Pemimpin yang menganjurkan dan mencontohkan pengamalan anjurannya dan yang melarang serta mencontohkan menjauhi larangannya, tentu sangat mudah diikuti dan ditaati. (Pada waktu Perang Khandaq, misalnya, para sahabat, dalam keadaan yang sulit dibawah terik matahari, menggali parit atas perintah Nabi, dengan penuh semangat. Ini tentu juga disebabkan karena sang pemimpin tidak sekedar memerintah, melainkan ikut bahkan mengawali mencontohkan dan membantu pelaksanaan perintahnya itu. Baca Sirat an-Nabi oleh Ibn Hisyam, III/ 231-5).
Ketika bangsa Arab pra Islam pada waktu itu terjebak dalam ashobiyah yang kental, hingga menimbulkan peperangan dan pertikaian antara suku, Nabi Muhammad s.a.w., Nabi yang penuh kasih sayang yang membawa agama kasih sayang, memperkenalkan kehidupan kemanusiaan yang mulia. Nabi mengingatkan bahwa seluruh manusia berasal dari bapak yang satu yaitu Adam. Tak ada seorang atau sekelompok pun manusia yang lebih mulia dari yang lain. Orang Arab tidak lebih mulia dari orang non Arab. Kulit putih tidak lebih mulia dari kulit hitam. Yang termulia di antara mereka di hadapan Allah adalah yang paling takwa kepadanya.
Mereka yang bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad utusan Allah berarti dia telah masuk Islam dan disebut muslim. Dan muslim satu dengan yang lain – menurut Nabi Muhammad s.a.w. – bersaudara; tidak boleh saling menghina, tidak boleh saling menjengkelkan, tidak boleh saling melukai. Masing-masing harus menjaga nyawa, kehormatan, dan harta saudaranya. Muslim satu dengan yang lain ibarat satu tubuh atau satu bangunan.
Demikianlah; panutan agung semua orang yang mengaku muslim, Nabi Muhammad s.a.w.mempersaudarakan umat Islam di Madinah antara mereka yang berasal dari suku-suku asli Madinah (Kelompok Ansor dari suku Khazraj dan Aus) dan para pendatang dari Mekkah (Kelompok Muhajirin dari berbagai suku) dan mengadakan perjanjian damai dengan penduduk Madinah yang non muslim. Dengan demikian kedegilan ‘ashabiyah Jahiliyah yang selama ini berakar kuat pun sirna, digantikan oleh kearifan akal budi kemanusiaan yang mulia.
Sifat kepemimpinan Nabi Muhammad saw lebih tegas lagi ditandaskan dalam ayat Al-Qur’an yaitu “Laqadjaa akum rasuulun min anfusikum ‘aziizum alaihi ma’anittum hariishun ‘alaikum bil mu’miniina rauufun rahiim (Benar-benar telah datang kepada kalian seorang utusan dari kalangan kalian sendiri yang berat terasa olehnya (tak tahan ia melihat) penderitaan kalian; sangat menginginkan (keselamatan dan kebahagiaan) bagi kalian; dan terhadap orang-orang yang beriman, penuh kasih sayang lagi penyayang.”
Nabi tak tahan melihat penderitaan umatnya, baik di dunia maupun di akhirat. Maka tak henti-hentinya Nabi menolong dan menyuruh ummatnya menolong mereka-mereka yang memerlukan pertolongan, menyantuni, dan menyuruh menyantuni fakir miskin, anak yatim, janda, dan kaum dhu’afa. Nabi tak tahan melihat penderitaan ummatnya, maka tak henti-hentinya Nabi berbuat ma’ruf, menjauhi kemungkaran, melakukan dan menganjurkan amar ma’ruf nahi munkar.
Nabi tidak tahan melihat penderitaan ummatnya. Nabi yang sudah dua hari tidak makan, ketika mendapatkan makanan, mendahulukan sahabatnya yang senasib. Nabi menangis ketika seorang bocah meninggal. Nabi menanyakan tukang sapu yang cukup lama tak kelihatan. Nabi menjenguk dan menganjurkan menjenguk dan mendo’akan orang sakit. Nabi melayat dan menganjurkan melayat. Bahkan ada riwayat yang menceritakan Nabi melayat seorang pecinta burung yang burungnya mati dan mendoakan agar segera mendapat ganti. Dan, Anda tentu pernah mendengar sabda Nabi Muhammad yang luar biasa ini: “Barang siapa meninggal dan meninggalkan warisan, maka ahli warisnyalah yang berhak atas warisan itu, namun bila meninggalkan utang, akulah yang menanggungnya.”
Pemimpin ideal yang selalu mendahulukan rakyatnya dibanding dengan dirinya sendiri seperti Rasulullah Saw , saat ini sangat dibutuhkan oleh bangsa kita, bangsa Indonesia tercinta.

Sultan Salahudin AL-Ayyubi

Salahuddin Ayyubi atau Saladin atau Salah ad-Din (Bahasa Arab : صلاح الدين الأيوبي, Kurdi: صلاح الدین ایوبی) (Sho-lah-huud-din al-ay-yu-bi) (c.1138 -4 Maret 1193) adalah seorang jendral dan pejuang muslim Kurdi dari Tikrit (daerah utara Irak saat ini). Ia mendirikan Dinasti Ayyubiyyah di Mesir, Suriah sebagian Yaman, Irak, Mekah Hejaz dan Diyar Bakr. Salahuddin terkenal di dunia Muslim dan Kristen karena kepemimpinan, kekuatan militer, dan sifatnya yang ksatria dan pengampun pada saat ia berperang melawan tentra salib. Sultan Salahuddin Al Ayyubi juga adalah seorang ulama. Ia memberikan catatan kaki dan berbagai macam penjelasan dalam kitab Hadits Abu Dawud.
 
 Richard 1 (The Lion Heart)
Richard I adalah raja Inggris periode 1189 sampai 1199. ia dijuluki Richard the lionhearth karna keberanianya di medan perang.Ia adalah salah satu tokoh penting dalam perang salib. Kehebatanya dibuktikan dengan kemampunya untuk menguasai Siprus dan merebutnya dari tangan Turki.

 
   

Sun tzu
Ia adalah salah satu jenderal tertangguh dan tercerdas milik kerajaan wu. ia adalah jenderal yang pandai menerjemahkan siasat perang. Ialah penulis buku The Art of war, yang merupakan buku panduan perang dan strategi penyergapan yang sekarang dipelajari di seluruh Dunia.
Spartacus
ia adalah salah satu tokoh yang paling terkenal di masa pendudukan kekaisaran Roma, ia adalah budak yang sering diperlakukan sebagai objek pertarungan gladiator. Tapi karna kemampunya dalam bertarung dan pemikiranya yang cerdas, iapun berhasil menghimpun massa untuk melakukan pemberontakan pada kekaisaran Romawi.


 
ia adalah seorang prajurit amerika serikat di perang dunia kedua. ia adalah salah satu prajurit unggulan. tak heran jika ia banyak diterjunkan ke misi yang berbahaya amerika serikat selama perang dunia ke 2.atas kegemilanganya, ia dianugerahi berbagai medali kehormatan seperti Distinguished Service Cross, Silver Bintang dua, Legion of Merit, dua Bintang Perunggu, dan tiga Purple Hearts; serta Legiun Kehormatan Perancis dan dua Croix de Guerre.

 
Miyamoto Musashi
Musahi Miyamoto adalah seorang ahli pedang dan samurai terbaik dalam sejarah jepang.selama Hidupnya, ia telah melakukan duel samurai dengan 60 pendekar pedang dan sama sekali tak terkalahkan.


 
Julius Cesar
dialah jenderal terbesar kekaisaran Romawi.Ia menjadi kaisar romawi di tahun 59 SM.ia adalah jenderal perang cerdas dan berbahaya. Di masa pemerintahanya, ia telah meluaslan pengaruh kekaisaran Romawi ke hampir seluruh Eropa, sebagian Afrika, dan sebagian asia barat. ia juga dikenal sebagai salah satu pemimpin paling diktator di Dunia.

 



 Hannibal barca
Dia adalah salah satu pemimpin Kartago yang paling terkenal. Pencapaiannya yang paling besar adalah ketika meletusnya Perang Punic, ketika dia membawa pasukan yang mengandung gajah perang dari Iberia melewati Pyrenees dan Alps sampai bagian utara Itali. Selama invasinya di Italia, dia mengalahkan prajurit Romawi di beberapa pertempuran, termasuk yang di Trebia, Trasimene dan Cannae.


 





 Leonidas I
adalah raja Sparta ke-17 dari dinasti Agiad, salah seorang anak dari Raja Anaxandridas II dari sparta, yang dipercayai sebagai keturunan dari Heracles karena kekuatan dan keberaniannya.Namanya menjadi terkenal akibat perannya di pertempuran Thermopylae.
Leonidas1
 
Alexandre The Great
Tak pelak lagi bahwa peringkat pertama sudah pasti menjadi milik Alexander yang Agung (Alexandre The Great).Ia adalah seorang penakluk asal Makedonia. Ia diakui sebagai salah seorang pemimpin militer paling jenius sepanjang zaman. Ia juga menjadi inspirasi bagi penakluk-penakluk seperti Hannibal, Pompey dan Caesar dari Romawi, dan Napoleon. Dalam masa pemerintahannya yang singkat, Alexander mampu menjadikan Makedonia sebagai salah satu kekaisaran terbesar di dunia.


posted by abdul karim nurdin


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar