Selasa, 16 Desember 2014


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 02 /X PEMINATAN /1/13
                          SATUAN PENDIDIKAN                 : SMAN 1 RINDI UMALULU
KELAS/SEMESTER                         : X / I
MATA PELAJARAN                         : SEJARAH
  TOPIK                                              : Sejarah sebagi Ilmu
  PERTEMUAN                                   :  1 - 2
 

A.    Kompetensi Inti :        

1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator :

1.1 . Menghayati proses kelahiran manusia Indonesia dengan rasa bersyukur
1.2 . Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran     agamanya.

2.1 . Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya zaman praaksara, Hindu-Buddha dan Islam.
2.2 . Meneladani sikap dan tindakan cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungannya
2.3 . Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah


3.1 Menganalisis ilmu sejarah
3.1.1     Mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai ilmu
3.1.2     Mendeskripsikan ciri-ciri sejarah sebagai ilmu
3.1.3     Mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai fakta dan peristiwa
3.1.4     Menunjukan contoh   fakta sejarah  dan peristiwa sejarah
3.1.5     Mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai kisah
3.1.6     Mendeskripsikan ciri-ciri sejarah  sebagai kisah
3.1.7     Mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai  seni
3.1.8     Mendeskripsikan ciri-ciri sejarah sebagai  seni
3.1.9     Mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai mitos
3.1.10  Mendeskripsikan ciri-ciri sejarah sebagai mitos
3.1.11  Menunjukan contoh-contoh  sejarah sebagai ilmu,fakta dan
             peristiwa,kisah,seni dan mitos
3.1.12  Membedakan  kajian-kajian ilmu sejarah
3.1.13  Mendeskripsikan tujuan belajar sejarah
3.1.14  Menganalisis kegunaan mempelajari  sejarah

4.1  Menyajikan hasil telaah tentang peristiwa sebagai karya sejarah, mitos, dan fiksi dalam bentuk tulisan.
      4.1.1 Membuat laporan tertulis hasil telaah tentang sejarah sebagai ilmu.


C.    Tujuan Pembelajaran

Melalui  mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat :
3.1.1.1Mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai ilmu
3.1.1.2Mendeskripsikan ciri-ciri sejarah sebagai ilmu
3.1.1.3Mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai fakta dan peristiwa
3.1.1.4Menunjukan contoh   fakta sejarah  dan peristiwa sejarah
3.1.1.5Mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai kisah
3.1.1.6Mendeskripsikan ciri-ciri sejarah  sebagai kisah
3.1.1.7Mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai  seni
3.1.1.8Mendeskripsikan ciri-ciri sejarah sebagai  seni
3.1.1.9Mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai mitos
3.1.1.10   Mendeskripsikan ciri-ciri sejarah sebagai mitos
3.1.1.11   Menunjukan contoh-contoh  sejarah sebagai ilmu,fakta dan  
     peristiwa,kisah,seni dan mitos  masing-masing 2 karya
3.1.1.12   Membedakan  kajiankajian ilmu sejarah
3.1.1.13   Mendeskripsikan tujuan belajar sejarah
3.1.1.14   Menganalisis kegunaan mempelajari  sejarah

4.1.1.1      Membuat laporan tertulis hasil telaah tentang sejarah sebagai ilmu.




D.    Materi Pembelajaran

Sejarah sebagai ilmu
·         Sejarah sebagai ilmu
·         Sejarah sebagai fakta dan peristiwa
·         Sejarah sebagai cerita, fiksi dan mitos
·         Tema kajian ilmu sejarah
·         Tujuan dan makna belajar masa lalu

E.     Metode, Pendekatan, dan Strategi Pembelajaran

Metode                 : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
Pendekatan       : Saintifik
Strategi               : Diskusi bebas

F.      Media,  Alat dan Sumber Pembelajaran
1.      Media                         : LCD proyektor, Internet, PPt, white board, spidol
2.      Alat dan Bahan        : -
3.      Sumber Pembelajaran        :
a.    Syukur, Abdul, Rudi Gunawan, Nana Supriyatna, dan Achmad Sunyayadi. (2013).Modul Sejarah Peminatan  SMA kelas  X.  : Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya, Dirjen kebudayaan , Kemendikbud.
b.    Notosusanto, Nugroho. (2006). Mengerti Sejarah.Jakarta : UI-Press.
c.    Sapto, Ari.(2003).Pengantar Ilmu Sejarah. Malang : PPPG IPS dan PMP Malang

G.    Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan          :  1 (satu)

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Mengucapkan salam, berdoa bersama, dan mengabsen kehadiran siswa,

·         Memberikan apersepsi berupa pertanyaan   untuk mengingat topik materi yang lalu yaitu ; Menyebutkan dan menjelaskan konsep-konsep dasar sejarah ?

·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan 1 yaitu ;  Melalui  mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat (1) mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai ilmu, (2) Mendeskripsikan ciri-ciri sejarah sebagai ilmu, (3) mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai fakta dan peristiwa. (4) Menunjukan contoh   fakta sejarah  dan peristiwa sejarah, (5) mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai kisah, dan  ( 6) Mendeskripsikan ciri-ciri sejarah  sebagai kisah

·         Menyampaikan teknis pembelajaran  pertemuan 1, yaitu diskusi bebas dengan teman sebangku dan atau teman lainya sekelas dilakukan dengan  tertib dan penugasan individu dalam bentuk catatan  hasil diskusi.

15 menit
Kegiatan Inti

·         Membaca buku teks sejarah kelas X   peminatan tentang ;  sejarah sebagai ilmu, sejarah sebagai pakta dan peristiwa, serta sejarah sebagai kisah.

·         Berdiskusi dan bertanya dengan teman sebangku, atau teman sekelas lainya dan kepada guru untuk mendapatkan pendalaman pemahaman,

·         Mengumpulkan informasi lanjutan  dari guru,  sumber tertulis lainya, dan atau internet,

·         Menganalisis dan menyimpulkan informasi yang didapat, serta

·         Mencatat dalam buku catatan dalam bentuk kesimpulan-kesimpulan  terkait dengan materi : (1)  pengertian sejarah sebagai ilmu, (2) ciri-ciri sejarah sebagai ilmu, (3) pengertian sejarah sebagai fakta dan peristiwa. (4)   sejarah sebagai fakta dan peristiwa, (5) pengertian sejarah sebagai kisah, dan  ( 6) ciri-ciri sejarah  sebagai kisah
100 menit

Penutup

·         Bersama-sama  dengan peserta didik,  guru meberikan penekanan dalam bentuk kesimpulan-kesimpulan   materi yang dipelajari dalam pembelajaran pertemuan 1,

·         Memberikan evaluasi  terhadap kegiatan pembelajaran  pertemuan I, terutama hal-hal yang kurang berkenan   sebagai  masukan untuk perbaikan  dalam  pertemuan 2.

·         Memberitahu siswa bahwa dalam pertemuan  2 adalah membahas tentang  sejarah sebagai seni, fiksi dan mitos dalam sejarah dan tema kajian ilmu sejarah.


20 menit



Pertemuan            :  2

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Mengucapkan salam, berdoa bersama, dan mengabsen kehadiran siswa,

·         Mengadakan tanya jawab untuk mengingatkan  dan memperkuat pemahaman materi materi pertemuan 1, sejarah sebagai ilmu,fakta dan peristiwa dan sejarah sebagai kisah.

·         Menyampaikan tujuan pertemuan 2 yaitu melalui  mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat; (1) mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai  seni, (2) Mendeskripsikan ciri-ciri sejarah sebagai  seni, (3) mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai mitos, (4) Mendeskripsikan ciri-ciri sejarah sebagai mitos, ( 5) Menunjukan contoh-contoh  sejarah sebagai ilmu,fakta dan peristiwa,kisah,seni dan mitos, dan ( 6) Membedakan  kajiankajian ilmu sejarah

·         Menjelaskan  teknis pembelajaran  pertemuan 2, yaitu diskusi bebas dengan teman sebangku dan atau teman lainya sekelas dilakukan dengan  tertib dan penugasan individu dalam bentuk catatan  hasil diskusi, serta tes formatif.

15 menit
Inti

·         Membaca buku teks sejarah kelas X Bab I,  materi tentang  sejarah sebagai seni,  fiksi dan mitos, dan tema kajian sejarah.

·         Berdiskusi dan bertanya dengan teman sebangku, atau teman sekelas lainya dan kepada guru untuk mendapatkan pendalaman pemahaman,

·         Mengumpulkan informasi lanjutan  dari guru,  sumber tertulis lainya, dan atau internet,

·         Menganalisis dan menyimpulkan informasi yang didapat, serta

·         Mencatat dalam buku catatan dalam bentuk kesimpulan-kesimpulan  terkait dengan materi

·         Menganalisis dan menyimpulkan informasi yang didapat, serta mencatat dalam buku catatan dalam bentuk kesimpulan-kesimpulan  terkait dengan materi : (1) pengertian sejarah sebagai  seni, (2) ciri-ciri sejarah sebagai  seni, (3) pengertian sejarah sebagai mitos, (4) ciri-ciri sejarah sebagai mitos, ( 5) contoh-contoh  sejarah sebagai ilmu,fakta dan peristiwa,kisah,seni dan mitos, dan ( 6) kajian kajian ilmu sejarah

100 menit












Penutup

·         Bersama-sama  dengan peserta didik,  guru meberikan penekanan dalam bentuk kesimpulan-kesimpulan   materi yang dipelajari dalam pembelajaran pertemuan 2,

·         Memberikan evaluasi  terhadap kegiatan pembelajaran  pertemuan 2 sebagai  masukan untuk perbaikan  dalam  pertemuan –pertemuan selanjutnya.

·         Memberitahu peserta didik  kegiatan  pertemuan 3, yaitu membahas topik ;  tujuan dan makna belajar sejarah, membuat laporan hasil telaah  materi topik sejarah sebagai ilmu, dan tes evaluasi topik sejarah sebagai ilmu.  
20 menit


Pertemuan            :  3

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Mengucapkan salam, berdoa bersama, dan mengabsen kehadiran siswa,

·         Mengadakan tanya jawab untuk mengingatkan  dan memperkuat pemahaman materi materi pertemuan  2, sejarah sebagai seni,  fiksi dan mitos, dan tema kajian sejarah.

·         Menyampaikan tujuan pertemuan 2 yaitu  melalui  mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat; (1) Mendeskripsikan tujuan belajar sejarah, ( 2 ) Menganalisis kegunaan mempelajari  sejarah, menulis laporan hasil telaah

·         Menjelaskan  teknis pembelajaran  pertemuan 2, yaitu diskusi bebas dengan teman sebangku dan atau teman lainya sekelas dilakukan dengan  tertib dan penugasan individu dalam bentuk catatan  hasil diskusi, serta tes formatif.

15 menit
Inti

·         Membaca buku teks sejarah kelas X Bab I,  materi tentang  tujuan dan makna belajar sejarah.

·         Berdiskusi dan bertanya dengan teman sebangku, atau teman sekelas lainya dan kepada guru untuk mendapatkan pendalaman pemahaman,

·         Mengumpulkan informasi lanjutan  dari guru,  sumber tertulis lainya, dan atau internet,

·         Menganalisis dan menyimpulkan informasi yang didapat, serta

·         Mencatat dalam buku catatan dalam bentuk kesimpulan-kesimpulan  terkait dengan materi : (1) tujuan belajar sejarah, ( 2 ) kegunaan mempelajari  sejarah,

·         Peserta didik membulat laporan tertulis hasil telaah tentang topik  sejarah sebagai ilmu

·         Tes tertulis dalm bentuk uraian singkat.

100 menit














Penutup

·         Memberikan evaluasi  terhadap kegiatan pembelajaran  pertemuan  1,2 dan 3 sebagai  masukan untuk perbaikan  dalam  pertemuan –pertemuan selanjutnya.

·         Memberitahu peserta didik  kegiatan  pertemuan selanjutnya yaitu membahas topik ; berfikir sejarah.

20 menit


H.    Penilaian
1.    Jenis / teknik Penilaian
a.            Tes : Uraian ( soal terlampir )
b.            Non Tes :  Observasi, Tugas, Portopolio,   ( lihat lampiran )



       Mengetahui                                                                  Jakarta,       Juni 2013
       Kepala  SMA N 1 rindi umalulu                                        Guru  Pembina



       Drs. Nimbort Ndjukambani                                          Moh. Rifai
       NIP . 195710241984031006                                     NIP. 196209291984111002




LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.       Soal Tes Uraian
2.       Lembar  observasi pembelajaran
3.       Lembar penilaian  portopolio






















                        TES II              


Mata Pelajaran
:
SEJARAH ( PEMINATAN )

Satuan Pendidikan
:
SMA  N 1 rindi umalulu

Kelas
:
X

Hari, tanggal
:


Waktu
:
30 menit

PETUNJUK UMUM
1.    Tulis  nama Anda pada lembar jawaban yang disediakan.
2.    Dahulukan menjawab soal-soal yang Anda anggap mudah.
3.    Kerjakan pada lembar jawaban yang disediakan
4.    Periksa dan bacalah soal-soal dengan teliti sebelum menjawabnya.








SOAL
1.                  Deskripsikan ciri-ciri sejarah sebagai ilmu, kisah,seni dan mitos
2.                  Deskripsikan  sejarah sebagai fakta dan peristiwa
3.                  Tuliskan contoh-contoh  sejarah sebagai ilmu,fakta dan peristiwa,kisah,seni dan mitos
4.                  Identifikasi jenis-jenis sejarah berdasarkan objek kajianya
5.                  Tulis 3 kegunaan dari kita mempelajari  sejarah












Lampiran : 2 
LEMBAR PENILAIAN OBSERVASI PEMBELAJARAN
NO.
NAMA SISWA
ASPEK YANG DINILAI

JUMLAH
SKOR
NILAI
1
2
3
4
5




























Aspek yang dinilai:
1.    Mengamati : Melihat, mengamati, membaca, mendengarkan, menyimak ( tanpa dan dengan alat.
2.     Menanya : Mengajukan pertanyaan dari yang  faktual sampai yang bersifat hipotesis. Diawali dengan bimbingan guru sampai dengan mandiri ( menjadi suatu kebiasaan )
3.    Mengeksplorasikan :  Menentukan data yang diperlukan dari pertanyaan yang diajukan. Menentun sumber data ( benda, dokumen, buku dan eksperimen ). Mengumpulkan data.
4.    Mengasosiasikan :  Menganalisa data dalam bentuk membuat kategori, menentukan hubungan data,/ kategori.  Menyimpulkan dari hasil  analisa data. Dimulai dari unstructured,unistruktured, multi structure sampai complicated structure
5.    Mengkomunikasikan : menyampaikan hasil konseptualisasi dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainya.
    
Penskoran:                                                   
1.    Tidak Baik                   Skor 1
2.    Kurang Baik               Skor 2                        
3.    Cukup Baik                 Skor 3                        
4.    Baik                             Skor 4                        
5.    Sangat Baik                Skor 5

Penilaian  :
1.    A  Skor antara  20 -  25
2.    B  Skor antara  15  -  20
3.    C  Skor antara  10 – 15
4.    D  Skor antara  05 – 10
5.    E  Skor antara  00 -  05





Mata Pelajaran
:

SEJARAH ( PEMINATAN)
Satuan Pendidikan
:
SMAN 1 rindi umalulu
Kelas
:
X
Hari, tanggal
:

Waktu
:
30  menit

Buatlah dalam bentuk laporan tertulisan  hasil telaah  anda tentang topik  sejarah sebagai ilmu.

NAMA       :
KELAS    :

LEMBAR JAWABAN                                    
















































































































FORMAT PENILAIAN KARYA TULIS

NO.
NAMA PESERTA DIDIK
ASPEK YANG DINILAI
TOTAL SKOR
NILAI
1
2
3
4
5
6































ASPEK YANG DINILAI          :
1.    Cakupan materi : memiliki kelengkapan, keluasan dan kedalaman materi
2.    Keakuratan materi  : memiliki keakuratan konsep dan ilustrasi
3.    Relevansi : memiliki kesesuaian dengan topik/tema dan teori, nilai-nilai moral dan sosial budaya
4.    Kelengkapan penyajian : sistematis terdiri dari bagian awal, inti dan bagian akhir
5.    Penyajian informasi  : memiliki kerunutan, koherensi,  konsistensi, dan keseimbangan.
6.    Kebahasaan :  menggunakan bahasa Indonesia  dan ejaan yang baik dan benar.

RUMUS NILAI            :

100 / 24  X SKOR  = NILAI












Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar