RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 02 /X PEMINATAN /1/13
SATUAN
PENDIDIKAN : SMAN 1 RINDI UMALULU
KELAS/SEMESTER : X
/ I
MATA
PELAJARAN :
SEJARAH
TOPIK : Sejarah sebagi Ilmu
PERTEMUAN : 1 - 2
A. Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator :
1.1
. Menghayati proses kelahiran manusia Indonesia
dengan rasa bersyukur
1.2
. Menghayati keteladanan para pemimpin dalam
mengamalkan ajaran agamanya.
2.1
. Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap
berbagai hasil budaya zaman praaksara, Hindu-Buddha dan Islam.
2.2
. Meneladani sikap dan tindakan cinta damai,
responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah dalam mengatasi
masalah sosial dan lingkungannya
2.3
. Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam
mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
3.1 Menganalisis
ilmu sejarah
3.1.1 Mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai ilmu
3.1.2 Mendeskripsikan ciri-ciri sejarah sebagai ilmu
3.1.3 Mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai fakta dan peristiwa
3.1.4 Menunjukan contoh fakta sejarah dan peristiwa sejarah
3.1.5 Mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai kisah
3.1.6 Mendeskripsikan ciri-ciri sejarah
sebagai kisah
3.1.7 Mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai seni
3.1.8 Mendeskripsikan ciri-ciri sejarah sebagai seni
3.1.9 Mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai mitos
3.1.10 Mendeskripsikan ciri-ciri sejarah sebagai mitos
3.1.11 Menunjukan contoh-contoh sejarah
sebagai ilmu,fakta dan
peristiwa,kisah,seni dan mitos
3.1.12 Membedakan kajian-kajian ilmu
sejarah
3.1.13 Mendeskripsikan tujuan belajar sejarah
3.1.14 Menganalisis kegunaan mempelajari
sejarah
4.1 Menyajikan
hasil telaah tentang peristiwa sebagai karya sejarah, mitos, dan fiksi dalam
bentuk tulisan.
4.1.1 Membuat laporan tertulis hasil
telaah tentang sejarah sebagai ilmu.
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat :
3.1.1.1Mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai ilmu
3.1.1.2Mendeskripsikan ciri-ciri sejarah sebagai ilmu
3.1.1.3Mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai fakta dan peristiwa
3.1.1.4Menunjukan contoh fakta
sejarah dan peristiwa sejarah
3.1.1.5Mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai kisah
3.1.1.6Mendeskripsikan ciri-ciri sejarah
sebagai kisah
3.1.1.7Mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai seni
3.1.1.8Mendeskripsikan ciri-ciri sejarah sebagai seni
3.1.1.9Mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai mitos
3.1.1.10 Mendeskripsikan ciri-ciri sejarah sebagai mitos
3.1.1.11 Menunjukan contoh-contoh sejarah
sebagai ilmu,fakta dan
peristiwa,kisah,seni dan
mitos masing-masing 2 karya
3.1.1.12 Membedakan kajiankajian ilmu
sejarah
3.1.1.13 Mendeskripsikan tujuan belajar sejarah
3.1.1.14 Menganalisis kegunaan mempelajari
sejarah
4.1.1.1 Membuat laporan tertulis hasil telaah tentang sejarah sebagai ilmu.
D. Materi Pembelajaran
Sejarah
sebagai ilmu
·
Sejarah sebagai ilmu
·
Sejarah sebagai fakta dan
peristiwa
·
Sejarah sebagai cerita,
fiksi dan mitos
·
Tema kajian ilmu sejarah
·
Tujuan dan makna belajar
masa lalu
E. Metode, Pendekatan, dan Strategi Pembelajaran
Metode : Ceramah, diskusi, tanya
jawab dan penugasan
Pendekatan : Saintifik
Strategi : Diskusi bebas
F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media :
LCD proyektor, Internet, PPt, white board, spidol
2. Alat dan Bahan :
-
3. Sumber Pembelajaran :
a. Syukur, Abdul, Rudi Gunawan, Nana Supriyatna, dan
Achmad Sunyayadi. (2013).Modul Sejarah
Peminatan SMA kelas X.
: Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya, Dirjen kebudayaan , Kemendikbud.
b. Notosusanto, Nugroho. (2006). Mengerti
Sejarah.Jakarta : UI-Press.
c. Sapto, Ari.(2003).Pengantar Ilmu Sejarah. Malang :
PPPG IPS dan PMP Malang
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan :
1 (satu)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
·
Mengucapkan salam, berdoa bersama, dan mengabsen
kehadiran siswa,
·
Memberikan apersepsi berupa pertanyaan untuk mengingat topik materi yang lalu
yaitu ; Menyebutkan dan menjelaskan konsep-konsep dasar sejarah ?
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan 1 yaitu
; Melalui mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengasosiasi dan mengkomunikasikan
peserta
didik dapat (1)
mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai ilmu, (2) Mendeskripsikan
ciri-ciri sejarah sebagai ilmu, (3) mendeskripsikan pengertian sejarah
sebagai fakta dan peristiwa. (4) Menunjukan contoh fakta sejarah dan peristiwa sejarah, (5) mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai kisah, dan ( 6) Mendeskripsikan ciri-ciri sejarah sebagai kisah
·
Menyampaikan teknis pembelajaran pertemuan 1, yaitu diskusi bebas dengan teman sebangku
dan atau teman lainya sekelas dilakukan dengan tertib dan penugasan individu dalam bentuk
catatan hasil diskusi.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
·
Membaca
buku teks sejarah kelas X peminatan
tentang ; sejarah sebagai ilmu,
sejarah sebagai pakta dan peristiwa, serta sejarah sebagai kisah.
·
Berdiskusi dan
bertanya dengan
teman sebangku, atau
teman sekelas lainya dan kepada guru untuk mendapatkan pendalaman pemahaman,
·
Mengumpulkan
informasi lanjutan dari guru, sumber tertulis lainya, dan atau internet,
·
Menganalisis dan menyimpulkan informasi yang didapat,
serta
·
Mencatat dalam buku catatan dalam bentuk
kesimpulan-kesimpulan terkait dengan materi : (1)
pengertian sejarah sebagai ilmu, (2) ciri-ciri
sejarah sebagai ilmu, (3) pengertian sejarah sebagai fakta dan peristiwa. (4)
sejarah sebagai fakta dan peristiwa,
(5) pengertian sejarah sebagai kisah, dan
( 6) ciri-ciri sejarah sebagai
kisah
|
100 menit
|
Penutup
|
·
Bersama-sama dengan peserta didik, guru meberikan penekanan dalam bentuk
kesimpulan-kesimpulan materi yang dipelajari dalam pembelajaran pertemuan 1,
·
Memberikan
evaluasi
terhadap kegiatan pembelajaran pertemuan I, terutama hal-hal yang kurang
berkenan sebagai masukan untuk perbaikan dalam pertemuan 2.
·
Memberitahu siswa bahwa dalam pertemuan 2 adalah membahas tentang sejarah sebagai seni, fiksi dan mitos dalam
sejarah dan tema kajian ilmu sejarah.
|
20 menit
|
Pertemuan : 2
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
·
Mengucapkan salam, berdoa bersama, dan mengabsen
kehadiran siswa,
·
Mengadakan tanya jawab untuk mengingatkan dan memperkuat pemahaman materi materi
pertemuan 1, sejarah sebagai ilmu,fakta dan peristiwa dan sejarah sebagai
kisah.
·
Menyampaikan tujuan pertemuan 2 yaitu melalui mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengasosiasi dan mengkomunikasikan
peserta
didik dapat; (1)
mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai
seni, (2) Mendeskripsikan ciri-ciri sejarah sebagai seni, (3) mendeskripsikan pengertian
sejarah sebagai mitos, (4) Mendeskripsikan ciri-ciri sejarah sebagai mitos, (
5) Menunjukan contoh-contoh sejarah
sebagai ilmu,fakta dan peristiwa,kisah,seni dan mitos, dan ( 6)
Membedakan kajiankajian ilmu sejarah
·
Menjelaskan
teknis pembelajaran pertemuan 2,
yaitu diskusi
bebas dengan teman sebangku dan atau teman lainya sekelas dilakukan dengan tertib dan penugasan individu dalam bentuk
catatan hasil diskusi, serta tes
formatif.
|
15 menit
|
Inti
|
·
Membaca
buku teks sejarah kelas X Bab I, materi tentang sejarah sebagai seni, fiksi dan mitos, dan tema kajian sejarah.
·
Berdiskusi
dan
bertanya dengan
teman sebangku, atau
teman sekelas lainya dan kepada guru untuk mendapatkan pendalaman
pemahaman,
·
Mengumpulkan
informasi lanjutan dari guru, sumber tertulis lainya, dan atau internet,
·
Menganalisis dan menyimpulkan informasi yang
didapat, serta
·
Mencatat dalam buku catatan dalam bentuk
kesimpulan-kesimpulan terkait dengan materi
·
Menganalisis dan menyimpulkan informasi yang
didapat, serta mencatat dalam buku catatan dalam bentuk
kesimpulan-kesimpulan terkait dengan materi : (1)
pengertian sejarah sebagai seni, (2)
ciri-ciri sejarah sebagai seni, (3)
pengertian sejarah sebagai mitos, (4) ciri-ciri sejarah sebagai mitos, ( 5)
contoh-contoh sejarah sebagai
ilmu,fakta dan peristiwa,kisah,seni dan mitos, dan ( 6) kajian kajian ilmu
sejarah
|
100 menit
|
Penutup
|
·
Bersama-sama dengan peserta didik, guru meberikan penekanan dalam bentuk
kesimpulan-kesimpulan materi yang dipelajari dalam pembelajaran pertemuan 2,
·
Memberikan
evaluasi
terhadap kegiatan pembelajaran pertemuan 2 sebagai masukan untuk perbaikan dalam pertemuan –pertemuan selanjutnya.
·
Memberitahu peserta didik kegiatan pertemuan 3, yaitu membahas topik ; tujuan dan makna belajar sejarah, membuat
laporan hasil telaah materi topik
sejarah sebagai ilmu, dan tes evaluasi topik sejarah sebagai ilmu.
|
20 menit
|
Pertemuan : 3
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
·
Mengucapkan salam, berdoa bersama, dan mengabsen
kehadiran siswa,
·
Mengadakan tanya jawab untuk mengingatkan dan memperkuat pemahaman materi materi
pertemuan 2, sejarah sebagai
seni, fiksi dan mitos, dan tema kajian
sejarah.
·
Menyampaikan tujuan pertemuan 2 yaitu melalui mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat; (1)
Mendeskripsikan tujuan belajar sejarah, ( 2 ) Menganalisis kegunaan
mempelajari sejarah, menulis laporan
hasil telaah
·
Menjelaskan
teknis pembelajaran pertemuan
2, yaitu diskusi
bebas dengan teman sebangku dan atau teman lainya sekelas dilakukan dengan tertib dan penugasan individu dalam bentuk
catatan hasil diskusi, serta tes
formatif.
|
15 menit
|
Inti
|
·
Membaca
buku teks sejarah kelas X Bab I, materi tentang tujuan dan makna belajar sejarah.
·
Berdiskusi
dan
bertanya dengan
teman sebangku, atau
teman sekelas lainya dan kepada guru untuk mendapatkan pendalaman
pemahaman,
·
Mengumpulkan
informasi lanjutan dari guru, sumber tertulis lainya, dan atau internet,
·
Menganalisis dan menyimpulkan informasi yang
didapat, serta
·
Mencatat dalam buku catatan dalam bentuk
kesimpulan-kesimpulan terkait dengan materi :
(1) tujuan belajar sejarah, ( 2 ) kegunaan mempelajari sejarah,
·
Peserta didik membulat laporan tertulis hasil telaah
tentang topik sejarah sebagai ilmu
·
Tes tertulis dalm bentuk uraian singkat.
|
100 menit
|
Penutup
|
·
Memberikan
evaluasi
terhadap kegiatan pembelajaran pertemuan 1,2 dan 3 sebagai masukan untuk perbaikan dalam pertemuan –pertemuan selanjutnya.
·
Memberitahu peserta didik kegiatan
pertemuan selanjutnya yaitu membahas topik ; berfikir sejarah.
|
20 menit
|
H. Penilaian
1. Jenis / teknik Penilaian
a.
Tes : Uraian ( soal terlampir )
b.
Non Tes : Observasi,
Tugas, Portopolio, ( lihat lampiran )
Mengetahui Jakarta, Juni 2013
Kepala
SMA N 1 rindi umalulu Guru Pembina
Drs. Nimbort Ndjukambani Moh. Rifai
NIP .
195710241984031006 NIP. 196209291984111002
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Soal Tes Uraian
2.
Lembar
observasi pembelajaran
3.
Lembar penilaian
portopolio
TES II
Mata Pelajaran
|
:
|
SEJARAH ( PEMINATAN )
|
||
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA N 1 rindi umalulu
|
||
Kelas
|
:
|
X
|
||
Hari, tanggal
|
:
|
|||
Waktu
|
:
|
30 menit
|
||
PETUNJUK UMUM
1.
Tulis nama Anda
pada lembar jawaban yang disediakan.
2.
Dahulukan
menjawab soal-soal yang Anda anggap mudah.
3.
Kerjakan
pada lembar jawaban yang disediakan
4.
Periksa
dan bacalah soal-soal dengan teliti sebelum menjawabnya.
|
||||
SOAL
1.
Deskripsikan
ciri-ciri sejarah sebagai ilmu, kisah,seni dan mitos
2.
Deskripsikan sejarah sebagai fakta dan peristiwa
3.
Tuliskan contoh-contoh sejarah sebagai ilmu,fakta dan
peristiwa,kisah,seni dan mitos
4.
Identifikasi
jenis-jenis sejarah berdasarkan objek kajianya
5.
Tulis 3 kegunaan dari
kita mempelajari sejarah
Lampiran
: 2
LEMBAR
PENILAIAN OBSERVASI PEMBELAJARAN
NO.
|
NAMA SISWA
|
ASPEK YANG DINILAI
|
JUMLAH
SKOR
|
NILAI
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
Aspek yang dinilai:
1.
Mengamati
: Melihat, mengamati, membaca, mendengarkan, menyimak ( tanpa dan dengan alat.
2.
Menanya : Mengajukan pertanyaan dari yang faktual sampai yang bersifat hipotesis.
Diawali dengan bimbingan guru sampai dengan mandiri ( menjadi suatu kebiasaan )
3.
Mengeksplorasikan
: Menentukan data yang diperlukan dari
pertanyaan yang diajukan. Menentun sumber data ( benda, dokumen, buku dan
eksperimen ). Mengumpulkan data.
4.
Mengasosiasikan
: Menganalisa data dalam bentuk membuat
kategori, menentukan hubungan data,/ kategori.
Menyimpulkan dari hasil analisa
data. Dimulai dari unstructured,unistruktured, multi structure sampai
complicated structure
5.
Mengkomunikasikan
: menyampaikan hasil konseptualisasi dalam bentuk lisan, tulisan, diagram,
bagan, gambar atau media lainya.
Penskoran:
1.
Tidak Baik Skor
1
2.
Kurang Baik Skor 2
3.
Cukup Baik Skor
3
4.
Baik Skor
4
5.
Sangat Baik Skor
5
Penilaian :
1.
A Skor antara
20 - 25
2.
B Skor antara
15 - 20
3.
C Skor antara
10 – 15
4.
D Skor antara
05 – 10
5.
E Skor antara
00 - 05
Mata Pelajaran
|
:
|
SEJARAH ( PEMINATAN)
|
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMAN 1 rindi umalulu
|
Kelas
|
:
|
X
|
Hari, tanggal
|
:
|
|
Waktu
|
:
|
30
menit
|
Buatlah dalam bentuk laporan tertulisan hasil telaah
anda tentang topik sejarah
sebagai ilmu.
NAMA :
|
KELAS :
|
LEMBAR
JAWABAN
FORMAT
PENILAIAN KARYA TULIS
NO.
|
NAMA
PESERTA
DIDIK
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
TOTAL
SKOR
|
NILAI
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||
ASPEK
YANG DINILAI :
1.
Cakupan
materi : memiliki kelengkapan, keluasan dan kedalaman materi
2.
Keakuratan
materi : memiliki keakuratan konsep dan
ilustrasi
3.
Relevansi
: memiliki kesesuaian dengan topik/tema dan teori, nilai-nilai moral dan sosial
budaya
4.
Kelengkapan
penyajian : sistematis terdiri dari bagian awal, inti dan bagian akhir
5.
Penyajian
informasi : memiliki kerunutan,
koherensi, konsistensi, dan
keseimbangan.
6.
Kebahasaan
: menggunakan bahasa Indonesia dan ejaan yang baik dan benar.
RUMUS
NILAI :
100 / 24 X
SKOR = NILAI
|
0 komentar:
Posting Komentar