Minggu, 11 Januari 2015

Burning File & Dokumen ke CD / DVD 

by abdul karim nurdin

 

  Burning File & Dokumen ke CD, Jika mempunyai banyak file dan dokumen penting didalam komputer mungkin sebaiknya kita buat backup dan simpan ke dalam CD/DVD dengan cara burning. Karena kita tidak bisa langsung begitu saja memasukkan file seperti flashdisk. Dengan begitu kita mengamankan dokumen agar tidak hilang jika terjadi sesuatu pada PC kita.
Burning
Secara default Sistem Operasi Windows 7 sudah tersedia fitur burning file kedalam kepingan cd, namun tidak banyak yang mengetahuinyadan lagi saya sendiri juga kurang suka dengan interfacenya pada fitur bawaan tersebut. Jika sobat juga tidak begitu suka ada baiknya kita pakai saja software untuk burning. Sotware terbaik diantaranya Nero Burn, namun kali ini kita tidak menggunakan itu, tetapi menggunakan software yang jauh lebih simpel dan ringan.
Sebagimana yang saya sebutkan diatas. Nero termasuk salah satu software terbaik untuk burning, sangat banyak fitur dan kelebihannya, namun softwarenya juga berat. Oleh karena itu saya lebih sering menggunakan software lain seperti Ulta ISO, Power ISO, dsb. Sangat banyak software seperti itu dan saya lebih menyukai Power ISO. Jadi kali ini saya akan menyampaikan kepada sobat tentang tutorial mudah Buring File, Untuk posting selanjutnya saya akan menyampaikan cara burning file ISO. silahkan ikuti panduan berikut.
1. Tentunya sobat sudah punya software Power ISO, jika belum silahkan download pada link di bawah ini,
Download link : Download POWER ISO Now !
Size : 5,4 MB
Version  : 5,6
2. Silahkan install software seperti instal software bisanya,
3. Silahkan buka software Power ISO tersebut. Oh yah masukkan terlebih dahulu Cd kosongnya (CD-R, CD-RW, DVD-R, DVD-RW)
4. Nah, akan terbuka seperti gambar berikut. Langsung saja pilih pada menu Add => Add File and Folders..
Burn
5. Lalu pilih file mana yang akan sobat burning tersebut. Lalu pilih OK/Open.
Burn
6. Setelah itu Ganti nama/Judul untuk Drive Sobat nanti. Contohnya Fileku, DOkumenku, dsb. Cara merubahnya seperti gambar berikut ini;
Burning
7. Jika semuanya sudah dipersiapkan, Sekarang langsung klik "Burn" pada menu di atas.
Burn

8. Nah, di sini ada sedikit penyetigan. (Perhatikan gambar di bawah)
Burning
# Pada Speed : sebaiknya pilih speed paling rendah. Semakin rendah kecepatannya maka akan semakin tinggi kualitas hasilnya.
# Setelah sudah memilih setingannya, sekarang kita bisa mulai. Silahkan langsung klik Burn pada bagian bawah tersebut. Proses akan berlangung lama jika file yang kan dibakar (Burn) juga besar. Begitu sebaliknya.
# Silahkan tunggu sampai selesai. Tanda selesai kepingan CD akan keluar dengan sendirinya. Itu bertanda sudah sukses. SIlahkan masukkan kembali ke PC untuk membuktikan apakah filenya sudah masuk atau belum.
9 . Finish.. 
Mudah kan sob?. :D. Sampai di sini dulu panduan kali ini tentang Cara Burning File & Dokumen ke CD, Semoga bisa membantu sobat untuk backup file/dokumennya. Jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk bertanya. Terima kasih
 
 
jangan lupa comentnya yea agan2...
 
pancor 11 januari 2015 !!!!

0 komentar:

Posting Komentar