Minggu, 11 Januari 2015

Burning File & Dokumen ke CD / DVD 

by abdul karim nurdin

 

  Burning File & Dokumen ke CD, Jika mempunyai banyak file dan dokumen penting didalam komputer mungkin sebaiknya kita buat backup dan simpan ke dalam CD/DVD dengan cara burning. Karena kita tidak bisa langsung begitu saja memasukkan file seperti flashdisk. Dengan begitu kita mengamankan dokumen agar tidak hilang jika terjadi sesuatu pada PC kita.
Burning
Secara default Sistem Operasi Windows 7 sudah tersedia fitur burning file kedalam kepingan cd, namun tidak banyak yang mengetahuinyadan lagi saya sendiri juga kurang suka dengan interfacenya pada fitur bawaan tersebut. Jika sobat juga tidak begitu suka ada baiknya kita pakai saja software untuk burning. Sotware terbaik diantaranya Nero Burn, namun kali ini kita tidak menggunakan itu, tetapi menggunakan software yang jauh lebih simpel dan ringan.
Sebagimana yang saya sebutkan diatas. Nero termasuk salah satu software terbaik untuk burning, sangat banyak fitur dan kelebihannya, namun softwarenya juga berat. Oleh karena itu saya lebih sering menggunakan software lain seperti Ulta ISO, Power ISO, dsb. Sangat banyak software seperti itu dan saya lebih menyukai Power ISO. Jadi kali ini saya akan menyampaikan kepada sobat tentang tutorial mudah Buring File, Untuk posting selanjutnya saya akan menyampaikan cara burning file ISO. silahkan ikuti panduan berikut.
1. Tentunya sobat sudah punya software Power ISO, jika belum silahkan download pada link di bawah ini,
Download link : Download POWER ISO Now !
Size : 5,4 MB
Version  : 5,6
2. Silahkan install software seperti instal software bisanya,
3. Silahkan buka software Power ISO tersebut. Oh yah masukkan terlebih dahulu Cd kosongnya (CD-R, CD-RW, DVD-R, DVD-RW)
4. Nah, akan terbuka seperti gambar berikut. Langsung saja pilih pada menu Add => Add File and Folders..
Burn
5. Lalu pilih file mana yang akan sobat burning tersebut. Lalu pilih OK/Open.
Burn
6. Setelah itu Ganti nama/Judul untuk Drive Sobat nanti. Contohnya Fileku, DOkumenku, dsb. Cara merubahnya seperti gambar berikut ini;
Burning
7. Jika semuanya sudah dipersiapkan, Sekarang langsung klik "Burn" pada menu di atas.
Burn

8. Nah, di sini ada sedikit penyetigan. (Perhatikan gambar di bawah)
Burning
# Pada Speed : sebaiknya pilih speed paling rendah. Semakin rendah kecepatannya maka akan semakin tinggi kualitas hasilnya.
# Setelah sudah memilih setingannya, sekarang kita bisa mulai. Silahkan langsung klik Burn pada bagian bawah tersebut. Proses akan berlangung lama jika file yang kan dibakar (Burn) juga besar. Begitu sebaliknya.
# Silahkan tunggu sampai selesai. Tanda selesai kepingan CD akan keluar dengan sendirinya. Itu bertanda sudah sukses. SIlahkan masukkan kembali ke PC untuk membuktikan apakah filenya sudah masuk atau belum.
9 . Finish.. 
Mudah kan sob?. :D. Sampai di sini dulu panduan kali ini tentang Cara Burning File & Dokumen ke CD, Semoga bisa membantu sobat untuk backup file/dokumennya. Jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk bertanya. Terima kasih
 
 
jangan lupa comentnya yea agan2...
 
pancor 11 januari 2015 !!!!
https://drive.google.com/file/d/0B1S1ePBMD-DGOWdqS2l6SzN1RTA/view?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/0B1S1ePBMD-DGVU5BcGVzSWpKUkk/view?usp=sharing

Selasa, 06 Januari 2015

 

9 Masalah kesehatan akibat sering begadang

 
post : abdul karim nurdin |  Rabu ,7 januari
 
 

9 Masalah kesehatan akibat sering begadang
 

gambar orang yang lagi kerja lembur



abdulkarimnurdin.blogspot.com - Saat ini, begadang bukan lagi sekedar kegiatan iseng yang dilakukan orang. Begadang bisa jadi sebuah kewajiban, seperti bagi para pekerja shift malam, atau kebutuhan sosial bagi para sosialita yang ingin bergaul. Banyak orang yang masih sangat sibuk dan aktif di malam hari, hingga mereka tak punya cukup waktu tidur karena esok paginya harus menjalani rutinitas lagi.

Kebanyakan orang merasa nyaman menjalani pola hidup semacam ini tanpa memahami efek negatif yang bisa disebabkan kebiasaan begadang pada kesehatan mereka. Kurang tidur tak hanya bisa merusak sel otak, melainkan juga memicu banyaknya masalah kesehatan,

hal inilah yang memotivasi saya untuk menulis artikel ini.mungkin ini bisa membantu mengurangi temen2 yang suka tidur larut malam.

sekedar mengingatkan saja temen2 !!!! maaf

baik,,,langsung saja ini dia 9 masalahnya !!

1. Obesitas
Tidur kurang dari enam jam semalam akan mengganggu metabolisme tubuh. Akibatnya, tubuh akan lebih cepat menyimpan lemak dan membuat orang cepat gemuk. Selain itu, orang yang seringkali terjaga sampai malam biasanya suka mengonsumsi makanan yang kaya lemak, sehingga membuat mereka lebih cepat bertambah berat badan.

2. Melemahkan sistem kekebalan tubuh
Sering begadang tak hanya merusak sel otak melainkan juga menghancurkan sel darah putih yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Itulah mengapa sering tidur larut malam akan melemahkan imunitas tubuh dan membuat orang lebih mudah terserang penyakit.

3. Mengganggu jam biologis tubuh
Ketika seseorang sudah terbiasa tidur larut malam, jam tubuh mereka lama-kelamaan akan menyesuaikan. Dengan begitu, mereka akan lebih sulit untuk tidur lebih awal. Jam tubuh mereka sudah diset untuk tidur larut akibat perubahan jam biologis tersebut.

4. Penyakit jantung
Kebiasaan tidur terlalu malam akan membuat orang lebih rentan terkena penyakit jantung. Saat ini penyakit jantung seringkali dipicu oleh kurang tidur.

5. Diabetes
Tidur larut malam akan mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh. Ini bisa memicu intoleransi glukosa yang berkaitan dengan produksi insulin dalam tubuh. Jika hal ini diteruskan, bukan tak mungkin orang yang suka tidur larut malam akan lebih rentan terkena diabetes.

6. Stroke
Kebanyakan orang tetap bangun pagi meski sebelumnya tidur larut malam. Hal ini membuat mereka hanya memiliki sedikit waktu beristirahat. Kurang istirahat bisa memberikan tekanan pada jantung dan berujung pada stroke atau serangan jantung.

7. Tekanan darah tinggi
Orang yang kurang tidur biasanya memiliki tingkat stres yang tinggi. Hal ini karena fisik dan pikiran mereka tak mendapat cukup waktu untuk beristirahat. Akibatnya, stres yang berkepanjangan cenderung memicu tekanan darah tinggi yang kronis.

8. sakit kepala
Sering merasa tak nyaman pada bagian kepala saat bangun terlalu siang dan tidur malam? Ini adalah salah satu akibat dari kurang tidur akibat banyak begadang. sedikit demi sedikit bagian sel otak akan mengalami masalah karena Anda tak cukup istirahat. Selain itu, sebuah penelitian juga mengungkap bahwa kurang tidur memiliki efek seperti benturan pada kepala.

9. Melemahkan saraf
Kurang tidur dan tidur di jam-jam yang tak wajar akan mempengaruhi sistem saraf pusat. Akibatnya, sistem saraf akan semakin lemah, begitu juga refleks Anda. Tak hanya it, penelitian juga mengungkap bahwa jika begadang dijadikan pola hidup rutin, lama-kelamaan efeknya akan menumpuk dan bisa mengurangi harapan hidup Anda.

Itulah beberapa masalah kesehatan yang bisa muncul jika Anda terlalu sering begadang. Jika begadang memang sebuah kewajiban dan tak bisa dihindari, sebaiknya barengi kebiasaan tersebut dengan kebiasaan lain yang lebih sehat, seperti mengatur pola makan penuh nutrisi dan rajin berolahraga.


semoga artikel ini bisa membantu .................

Amin ,,,,,

Pemimpin Terbaik Sepanjang Masa

Assalamualikum
Bismillah
Malam agan dan sista, Malam ini saya menulis artikel mengenai "Siapa sih Pemimpin Terbaik Sepanjang Masa itu".mungkin kalian ada yang setuju sama pendapat saya ini,mungkin juga ada yang tidak....

saya akan mulai dengan yang nomor wahid  ....

cekidot !!!!!!!

Rasulallah Shallahu Alaihi wasallam

Rasulullah Muhammad Shalallahu alaihi wasalam adalah seorang agamawan, negarawan dan pemimpin yang bijaksana. Jika kita membaca sirah nabawiyah maka akan dapat kita jumpai beribu-ribu teladan yang ditampilkan oleh beliau saat memimpin bangsa jahiliyyah menjadi masyarakat madani yang islamiyah. Bukan saja karena Allah sudah menetapkan beliau sebagai seorang uswah hasanah sebagaimana tertuang dalam Al-Ahzab ayat 21.”Laqad kaana lakum fii rasulillahi uswatun hasanah.”, tapi memang karena prilaku dan akhlak Nabi saw sangat indah dan terpuji.

Sayyidah Aisyah bahkan ketika ditanya tentang akhlak Nabi, beliau menjawab,” Kaana akhlakuhu huwal qur’an.” Akhlak beliau adalah Al-Qur’an. Ungkapan sederhana ini memiliki makna yang sangat dalam, sebab untuk mengetahui  akhlak Rasulullah maka kita harus memahami Al-Qur’an sebab kita tidak pernah berjumpa dengan beliau.
Baginda Nabi Saw adalah sosok pemimpin yang dihormati dan ditaati oleh umatnya, hal itu karena beliau selalu mengamalkan dan mengerjakan apa yang beliau hendak perintahkan, dan menjadi orang pertama yang meninggalkan apa yang beliau larang.
Pemimpin yang menganjurkan dan mencontohkan pengamalan anjurannya dan yang melarang serta mencontohkan menjauhi larangannya, tentu sangat mudah diikuti dan ditaati. (Pada waktu Perang Khandaq, misalnya, para sahabat, dalam keadaan yang sulit dibawah terik matahari, menggali parit atas perintah Nabi, dengan penuh semangat. Ini tentu juga disebabkan karena sang pemimpin tidak sekedar memerintah, melainkan ikut bahkan mengawali mencontohkan dan membantu pelaksanaan perintahnya itu. Baca Sirat an-Nabi oleh Ibn Hisyam, III/ 231-5).
Ketika bangsa Arab pra Islam pada waktu itu terjebak dalam ashobiyah yang kental, hingga menimbulkan peperangan dan pertikaian antara suku, Nabi Muhammad s.a.w., Nabi yang penuh kasih sayang yang membawa agama kasih sayang, memperkenalkan kehidupan kemanusiaan yang mulia. Nabi mengingatkan bahwa seluruh manusia berasal dari bapak yang satu yaitu Adam. Tak ada seorang atau sekelompok pun manusia yang lebih mulia dari yang lain. Orang Arab tidak lebih mulia dari orang non Arab. Kulit putih tidak lebih mulia dari kulit hitam. Yang termulia di antara mereka di hadapan Allah adalah yang paling takwa kepadanya.
Mereka yang bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad utusan Allah berarti dia telah masuk Islam dan disebut muslim. Dan muslim satu dengan yang lain – menurut Nabi Muhammad s.a.w. – bersaudara; tidak boleh saling menghina, tidak boleh saling menjengkelkan, tidak boleh saling melukai. Masing-masing harus menjaga nyawa, kehormatan, dan harta saudaranya. Muslim satu dengan yang lain ibarat satu tubuh atau satu bangunan.
Demikianlah; panutan agung semua orang yang mengaku muslim, Nabi Muhammad s.a.w.mempersaudarakan umat Islam di Madinah antara mereka yang berasal dari suku-suku asli Madinah (Kelompok Ansor dari suku Khazraj dan Aus) dan para pendatang dari Mekkah (Kelompok Muhajirin dari berbagai suku) dan mengadakan perjanjian damai dengan penduduk Madinah yang non muslim. Dengan demikian kedegilan ‘ashabiyah Jahiliyah yang selama ini berakar kuat pun sirna, digantikan oleh kearifan akal budi kemanusiaan yang mulia.
Sifat kepemimpinan Nabi Muhammad saw lebih tegas lagi ditandaskan dalam ayat Al-Qur’an yaitu “Laqadjaa akum rasuulun min anfusikum ‘aziizum alaihi ma’anittum hariishun ‘alaikum bil mu’miniina rauufun rahiim (Benar-benar telah datang kepada kalian seorang utusan dari kalangan kalian sendiri yang berat terasa olehnya (tak tahan ia melihat) penderitaan kalian; sangat menginginkan (keselamatan dan kebahagiaan) bagi kalian; dan terhadap orang-orang yang beriman, penuh kasih sayang lagi penyayang.”
Nabi tak tahan melihat penderitaan umatnya, baik di dunia maupun di akhirat. Maka tak henti-hentinya Nabi menolong dan menyuruh ummatnya menolong mereka-mereka yang memerlukan pertolongan, menyantuni, dan menyuruh menyantuni fakir miskin, anak yatim, janda, dan kaum dhu’afa. Nabi tak tahan melihat penderitaan ummatnya, maka tak henti-hentinya Nabi berbuat ma’ruf, menjauhi kemungkaran, melakukan dan menganjurkan amar ma’ruf nahi munkar.
Nabi tidak tahan melihat penderitaan ummatnya. Nabi yang sudah dua hari tidak makan, ketika mendapatkan makanan, mendahulukan sahabatnya yang senasib. Nabi menangis ketika seorang bocah meninggal. Nabi menanyakan tukang sapu yang cukup lama tak kelihatan. Nabi menjenguk dan menganjurkan menjenguk dan mendo’akan orang sakit. Nabi melayat dan menganjurkan melayat. Bahkan ada riwayat yang menceritakan Nabi melayat seorang pecinta burung yang burungnya mati dan mendoakan agar segera mendapat ganti. Dan, Anda tentu pernah mendengar sabda Nabi Muhammad yang luar biasa ini: “Barang siapa meninggal dan meninggalkan warisan, maka ahli warisnyalah yang berhak atas warisan itu, namun bila meninggalkan utang, akulah yang menanggungnya.”
Pemimpin ideal yang selalu mendahulukan rakyatnya dibanding dengan dirinya sendiri seperti Rasulullah Saw , saat ini sangat dibutuhkan oleh bangsa kita, bangsa Indonesia tercinta.

Sultan Salahudin AL-Ayyubi

Salahuddin Ayyubi atau Saladin atau Salah ad-Din (Bahasa Arab : صلاح الدين الأيوبي, Kurdi: صلاح الدین ایوبی) (Sho-lah-huud-din al-ay-yu-bi) (c.1138 -4 Maret 1193) adalah seorang jendral dan pejuang muslim Kurdi dari Tikrit (daerah utara Irak saat ini). Ia mendirikan Dinasti Ayyubiyyah di Mesir, Suriah sebagian Yaman, Irak, Mekah Hejaz dan Diyar Bakr. Salahuddin terkenal di dunia Muslim dan Kristen karena kepemimpinan, kekuatan militer, dan sifatnya yang ksatria dan pengampun pada saat ia berperang melawan tentra salib. Sultan Salahuddin Al Ayyubi juga adalah seorang ulama. Ia memberikan catatan kaki dan berbagai macam penjelasan dalam kitab Hadits Abu Dawud.
 
 Richard 1 (The Lion Heart)
Richard I adalah raja Inggris periode 1189 sampai 1199. ia dijuluki Richard the lionhearth karna keberanianya di medan perang.Ia adalah salah satu tokoh penting dalam perang salib. Kehebatanya dibuktikan dengan kemampunya untuk menguasai Siprus dan merebutnya dari tangan Turki.

 
   

Sun tzu
Ia adalah salah satu jenderal tertangguh dan tercerdas milik kerajaan wu. ia adalah jenderal yang pandai menerjemahkan siasat perang. Ialah penulis buku The Art of war, yang merupakan buku panduan perang dan strategi penyergapan yang sekarang dipelajari di seluruh Dunia.
Spartacus
ia adalah salah satu tokoh yang paling terkenal di masa pendudukan kekaisaran Roma, ia adalah budak yang sering diperlakukan sebagai objek pertarungan gladiator. Tapi karna kemampunya dalam bertarung dan pemikiranya yang cerdas, iapun berhasil menghimpun massa untuk melakukan pemberontakan pada kekaisaran Romawi.


 
ia adalah seorang prajurit amerika serikat di perang dunia kedua. ia adalah salah satu prajurit unggulan. tak heran jika ia banyak diterjunkan ke misi yang berbahaya amerika serikat selama perang dunia ke 2.atas kegemilanganya, ia dianugerahi berbagai medali kehormatan seperti Distinguished Service Cross, Silver Bintang dua, Legion of Merit, dua Bintang Perunggu, dan tiga Purple Hearts; serta Legiun Kehormatan Perancis dan dua Croix de Guerre.

 
Miyamoto Musashi
Musahi Miyamoto adalah seorang ahli pedang dan samurai terbaik dalam sejarah jepang.selama Hidupnya, ia telah melakukan duel samurai dengan 60 pendekar pedang dan sama sekali tak terkalahkan.


 
Julius Cesar
dialah jenderal terbesar kekaisaran Romawi.Ia menjadi kaisar romawi di tahun 59 SM.ia adalah jenderal perang cerdas dan berbahaya. Di masa pemerintahanya, ia telah meluaslan pengaruh kekaisaran Romawi ke hampir seluruh Eropa, sebagian Afrika, dan sebagian asia barat. ia juga dikenal sebagai salah satu pemimpin paling diktator di Dunia.

 



 Hannibal barca
Dia adalah salah satu pemimpin Kartago yang paling terkenal. Pencapaiannya yang paling besar adalah ketika meletusnya Perang Punic, ketika dia membawa pasukan yang mengandung gajah perang dari Iberia melewati Pyrenees dan Alps sampai bagian utara Itali. Selama invasinya di Italia, dia mengalahkan prajurit Romawi di beberapa pertempuran, termasuk yang di Trebia, Trasimene dan Cannae.


 





 Leonidas I
adalah raja Sparta ke-17 dari dinasti Agiad, salah seorang anak dari Raja Anaxandridas II dari sparta, yang dipercayai sebagai keturunan dari Heracles karena kekuatan dan keberaniannya.Namanya menjadi terkenal akibat perannya di pertempuran Thermopylae.
Leonidas1
 
Alexandre The Great
Tak pelak lagi bahwa peringkat pertama sudah pasti menjadi milik Alexander yang Agung (Alexandre The Great).Ia adalah seorang penakluk asal Makedonia. Ia diakui sebagai salah seorang pemimpin militer paling jenius sepanjang zaman. Ia juga menjadi inspirasi bagi penakluk-penakluk seperti Hannibal, Pompey dan Caesar dari Romawi, dan Napoleon. Dalam masa pemerintahannya yang singkat, Alexander mampu menjadikan Makedonia sebagai salah satu kekaisaran terbesar di dunia.


posted by abdul karim nurdin


Cara Install Windows 8 di PC atau Laptop


pada malam yang berbahagia ini,,, cie e e e e e e e ee ...
ane mau share ni cara instal windows 8 dilaptop.sebelum itu ane mau kasi warning dikit nie.cara ini dikhusukan bagi orang yang udah berpengalaman,untuk anak usia 17 ke bawah jangan coba2.....!!!

hahaha,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,canda aja coy

ok langsung aja yea,,,,

sebelum itu ,,ini dlu !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

kata pengantar,,, hehehehehehe

Windows 8 hadir dengan antarmuka baru yang diberi nama Metro Style dengan gaya yang disesuaikan bagi para penggunaka PC Tablet dengan ciri khas layar sentuhnya dan bagi para pengguna PC dekstop, user dapat beralih ke antarmuka dekstop klasik, inilah salah satu keunggulan sistem operasi terbaru besutan Microsoft. Mungkin Anda juga penasaran akan kehebatan fitur-fitur yang ditawarkan Windows 8 dan ingin mencoba menginstalnya pada PC/Laptop. Cara melakukan instal Windows 8 pada PC/Laptop sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara menginstal Windows 7, hanya ada sedikit perbedaan dan berikut tahapan demi tahapan melakukan instal PC/Laptop menggunakan Windows 8. Sebelum melakukan upgrade (instal ulang) disarankan Anda memperhatikan hal-hal berikut ini:
  • Pastikan PC/Laptop Anda memenuhi kebutuhan minimun Windows 8;
  • Pastikan menggunakan DVD atau Removable Drive Windows 8 yang bootable (pada tulisan ini penulis menggunakan DVD Windows 8);
  • Pastikan Anda telah mem-backup terlebih dahulu data-data penting pada PC/Laptop.
Jika semuanya telah siap, mari kita mulai tahap demi tahap penginstalan Windows 8.

Langkah 1

Ubah pengaturan BIOS PC/Laptop Anda agar dapat melakukan booting Windows 8 pada media yang digunakan (misal: DVD Write atau Removable Drive). Simpan pengaturan BIOS dan restart komputer, tunggu beberapa saat hingga muncul tulisan Press any key to boot from CD or DVD... bersamaan dengan itu tekan sembarang tombol keyboard untuk memulai instalasi.

Langkah 2

Cara Install Ulang PC/Laptop menggunakan Windows 8
Windows Setup : Anda dapat mengatur bahasa, format tanggal dan mata uang, dan keyboard atau metode masukan selanjutnya klik Next.
Cara Install Ulang PC/Laptop menggunakan Windows 8
Windows Setup : Klik Install now untuk melanjutkan. Berikutnya Anda diminta membaca dan menyetujui lisensi perangkat lunak Microsoft, centang pada I accept the license terms dan klik Next.

Langkah 3

Windows Setup | Which type of installation do you want? : Pilih pada Custom: Install Windows only (advanced).

Langkah 4

Cara Install Ulang PC/Laptop menggunakan Windows 8
Windows Setup | Where do you want to install Windows? : Klik pada Drive options (advanced).
Peringatan : Hati-hati dan teliti pada saat melakukan fomat dan hapus partisi, Anda bisa kehilangan data penting Anda jika terjadi kekeliruan!
Sekarang Anda bisa membagi-bagi hard drive PC/Laptop menjadi beberapa partisi sesuai kebutuhan. Penulis menggunakan hard drive berkapasitas 30 Gbyte dan akan membaginya ke dalam dua partisi, partisi satu untuk sistem (menyimpan instalasi Windows dan semua program), partisi dua untuk penyimpanan data.
Cara Install Ulang PC/Laptop menggunakan Windows 8
Pertama kita akan membuat partisi untuk sistem (15 Gbyte), klik New dan masukan besarnya kapasitas penyimpanan (dalam megabyte) kemudian tekan tombol Apply. Kemudian akan muncul jendela baru yang menerangkan bahwa Windows akan membuat partisi tambahan sebesar 350 Mbyte agar semua fitur Windows dapat bekerja dengan baik, klik Ok dan tunggu beberapa saat.
Cara Install Ulang PC/Laptop menggunakan Windows 8
Selanjutnya kita buat partisi kedua untuk penyimpanan data (16 Gbyte), klik pada Drive 0 Unallocated Space dan buat partisi kedua seperti pada langkah pembuatan partisi pertama.
Jika semua partisi telah selesai dibuat, maka akan terlihat seperti gambar di atas.
  • Drive 0 Partition 1: System Reserved (350 Mbyte) adalah partisi tambahan yang secara otomatis dibuat oleh sistem untuk penyimpanan konfigurasi Windows;
  • Drive 0 Partition 2 (14,3 Gbyte) adalah partisi untuk menyimpan sistem operasi Windows 8 dan program-program yang akan kita install nantinya;
  • Drive 0 Partition 3 (16,1 Gbyte) adalah partisi untuk penyimpanan data user.
Cara Install Ulang PC/Laptop menggunakan Windows 8
Klik pada Drive 0 Partition 2 dan klik Next untuk mulai memindahkan file-file yang dibutuhkan Windows.
Tunggu beberapa saat hingga semua proses pemindahan dan instalasi file selesai dilakukan, jika telah selesai komputer akan melakukan restart.

Langkah 5

Setelah PC/Laptop kembali menyala, berikutnya adalah melakukan pengaturan dan kustomisasi yang terdiri dari 4 tahap Personalize, Wireless, Settings, dan Sign in.
Cara Install Ulang PC/Laptop menggunakan Windows 8
Personalize : Anda dapat memilih warna latar belakang sesuai keinginan dan diminta mengisi nama komputer. Selanjutnya klik Next.

Wireless : Jika di tempat Anda menginstal tersedia jaringan Wifi maka Windows akan menyarankan Anda menghubungkan PC/Laptop dengan jaringan Wifi tersebut, nantinya Windows yang sedang di instal akan melakukan sinkronisasi dengan akun Microsoft atau Anda dapat mendaftar terlebih dahulu jika belum memiliki akun Microsoft.
Cara Install Ulang PC/Laptop menggunakan Windows 8
Settings : Terdapat dua pilihan yang bisa Anda pilih, pertama Use express settings dan kedua Customize. Jika Anda memilih Use express settings maka sistem akan menerapkan pengaturan default terhadapt PC/Laptop, meskipun demikian Anda masih bisa mengaturnya kembali setelah PC/Laptop selesai di instal dan jika memilih Customize terdapat tiga pengaturan umum yang bisa Anda kutomisasi diantaranya Check online for solutions to problems, Send Microsoft info to help make Windows and apps better, Help protect and update your PC.
Cara Install Ulang PC/Laptop menggunakan Windows 8
Sign in : Ini adalah tahap terakhir dari semua rangkaian instalasi Windows 8, karena kita akan menggunakan Akun Lokal (Offline), pertama klik pada Sign in without a Microsoft account selanjutnya anda diminta mengisikan User name dan Password (opsional). Terakhir klik Finish.

Langkah 6

Cara Install Ulang PC/Laptop menggunakan Windows 8
Sekarang Anda akan diperkenalkan cara bekerja menggunakan tampilan baru Windows 8. Selanjutnya sistem akan melakukan sinkronisasi software dan hardware PC/Laptop, akan muncul tulisan We're getting your PC ready. Tunggu hingga semua proses selesai dilakukan dan jika sukses secara otomatis sistem akan melakukan restart menandakan Anda telah selesai melakukan instal Windows 8 pada PC/Laptop. Setelah restart, kita akan dibawa ke dalam tampilan Metro dan untuk beralih ke tampilan klasik Windows cukup menekan tombol Windows + D pada keyboard. Untuk mengaktifkan ,,,



posted by abdul karim nurdin

sumba timur (melolo)

 Langkah Mudah Install Linux Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr (Step by Step) 

17 Langkah Mudah Install Linux Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr (Step by Step)

Ubuntu.com akan merilis versi terbaru yaitu Ubuntu 14.04 LTS (Long Term Support) dengan dukungan lebih lama bila dibandingkan dengan versi Ubuntu yang non-LTS. Ubuntu versi 14.04 LTS ini akan dirilis versi Finalnya pada tanggal 17 April 2014 dengan code name : Trusty Thar. Bagi para pemula yang ingin mencoba Linux Ubuntu 14.04 LTS ini berikut akan membahas cara Installasinya : Contoh Installasi ini menggunakan Harddisk ukuran 8GB dengan RAM 1GB
Sebelum memulai, terlebih dahulu siapkan keperluan yang dibutuhkan misal :
Jika semuanya sudah siap, berikut langkah-langkah installasinya :

  1. Langkah pertama masukan installer anda, kemudian arahkan boot ke media Installer tersebut, tunggu sampai keluar menu seperti dibawah ini :
    Keterangan : Try Ubuntu : Mencoba Linux Ubuntu 14.04 LTS tanpa harus Install, sedangkan Install Ubuntu adalah untuk memasang permanen Linux Ubuntu 14.04 LTS pada harddisk anda. Untuk kali ini karena kita mau Install ubuntu secara permanen maka gunakan pilih Install Ubuntu dan Pilih Jenis Bahasa, pada langkah ini menggunakan Bahasa Inggris.
    17 Langkah Mudah Install Linux Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr (Step by Step)
  2. Menu dibawah ini adalah proses persiapan Installasi pada ubuntu, proses ini akan memeriksa semua periperal yang ada pada komputer/laptop anda, Pada langkah ini anda juga bisa memilih Download Update While Installing, yaitu pilihan untuk mendownload paket terbaru yang ada pada Ubuntu sama halnya dengan Install this third party software pilihan ini akan mendownload paket-paket yang berhubungan dengan multimedia seperti mpeg, mp3 dan lain sebagainya, semua pilihan ini bisa anda jalankan kalau terkoneksi dengan jaringan internet. Jika yakin pada pilihan anda klik Continue untuk melanjutkan.
    17 Langkah Mudah Install Linux Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr (Step by Step)
  3. Pada menu Installation Type pertama, anda akan disajikan dengan berbagai menu pilihan diantaranya : Erase Disk anda Install Ubuntu yang berfungsi untuk menghapus seluruh data yang ada di Harddisk dan menggantikannya dengan partisi baru untuk Linux Ubuntu 14.04 LTS langkah ini akan mempersingkat waktu anda, jika pilihan ini dipilih maka langkah selanjutnya adalah lompat ke langkah 13, cukup singkat dan tidak menguras banyak waktu bukan. Untuk Pilihan Something Else digunakan jika anda akan menginstall DUAL BOOT atau di Harddisk anda terdapat Data Penting dalam partisi Harddisk anda, maka gunakan pilihan yang ini, begitupun dengan Installasi kali ini akan menggunakan menu Something Else, klik Continue untuk melanjutkan.
    17 Langkah Mudah Install Linux Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr (Step by Step)
  4. Pada menu menu, jika harddisk anda terdeteksi baru, belum di partisi sebelumnya maka akan nampak seperti tampilan dibawah ini, untuk membuat partisi tabel partisi baru klik New Partition Table.
    17 Langkah Mudah Install Linux Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr (Step by Step)
  5. Jika ada peringatan, Klik Continue untuk melanjutkan prosesnya.
    17 Langkah Mudah Install Linux Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr (Step by Step)
  6. Jika tabel partisi sudah dibuat langkah selanjutnya adalah membuat type-type partisi yang akan digunakan oleh Ubuntu, Linux Ubuntu hanya memerlukan 2 Type partisi yang digunakan yaitu root:"/" sama swaparea. untuk membuat type partisi langkah pertama yaitu klik Menu + pada menu sebelah kiri bawah.
    17 Langkah Mudah Install Linux Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr (Step by Step)
  7. Untuk membuat Type partisi yang pertama, tentukan ukuran yang digunakan sebagai sistemnya, misal 7GB dari 8GB kapasitas Total harddisk, Gunakan Primary, dan letakan di Beginning of this space, pada Use as pilih Ext4 Journaling file system, pada Mount point pilih root "/". kemudian klik OK.
    17 Langkah Mudah Install Linux Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr (Step by Step)
  8. Langkah kedua, yaitu membuat type area swap dari sisa kapasitas harddisk yang digunakan, swap berfungsi sebagai RAM cadangan ketika RAM utama overload, maka untuk mencegah overload tersebut maka digunakanlah areaswap ini. Untuk membuatnya silakan klik Free Space, kemudian klik lagi tombol +.
    17 Langkah Mudah Install Linux Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr (Step by Step)
  9. Untuk ukuran gunakan saja semuanya, dan yang terpenting adalah memilih swap area pada use as, kemudian klik OK.
    17 Langkah Mudah Install Linux Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr (Step by Step)
  10. Jika semua sudah dibuat, maka akan terlihat seperti tampilan dibawah ini, perhatikan partisi yang akan diformat akan diberi tanda ceklist pada menu format ini, biarkan saja ceklist ini ada, untuk melanjutkan klik Install Now.
    17 Langkah Mudah Install Linux Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr (Step by Step)
  11. Plih posisi negara dengan cara klik pada peta yang telah disediakan, kemudian klik Continue untuk melanjutkan.
    17 Langkah Mudah Install Linux Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr (Step by Step)
  12. Pilih jenis keyboard yang ada pakai, biasanya pada menu ini sering kita lewati karena linux ubuntu akan otomatis mendeteksi jenis keyboard yang anda pakai, klik Continue untuk melanjutkan.
    17 Langkah Mudah Install Linux Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr (Step by Step)
  13. Pada menu ini, isikan semua informasi tentang Anda, dari nama pemakai, nama komputer, username, password, jika sudah selesai klik Continue untuk melanjutkan.
    17 Langkah Mudah Install Linux Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr (Step by Step)
  14. Tunggu, proses installasi sedang berjalan..
    17 Langkah Mudah Install Linux Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr (Step by Step)
  15. Jika proses installasi sudah selesai, maka akan meuncul peringatan bahwa proses installasi telah selesai dilakukan, Klik Restart Now untuk melihat hasil installasi yang dilakukan tadi. dan jangan lupa untuk melepas media installer tersebut ketika komputer dalam keadaan Restart.
    17 Langkah Mudah Install Linux Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr (Step by Step)
  16. Pada menu Login, masukan password yang anda isikan pada langkah no. 13.
    17 Langkah Mudah Install L17 Langkah Mudah Install Linux Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr (Step by Step)inux Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr (Step by Step)
  17. Inilah tampilan Ubuntu 14.04 hasil installasi diatas.
    17 Langkah Mudah Install Linux Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr (Step by Step)
Selamat anda telah berhasil menginstall Ubuntu 14.04 LTS, semoga artikel ini membantu.
 
 
 
posted by abdul karim nurdin
my home ; sumba timur jaya (melolo city)

Senin, 05 Januari 2015

Membuat USB Bootable Dengan Rufus

Ass,Wr,Wb.. temen2 kali ini ane akan share tentang cara membuat bootable dengan Rufus.
buat agan2 semua yang gak mau pusing2 buat pergi ke tempat lain untuk menginstal laptopnya,mending kita nginstal sendiri kan..!! tapi harus udah tau cara buat nginstal laptop baik mau nginstal windows 8 ataupun windows 7. kalau gak tau adowww bahaya jadinya,,hahahahaaa

langsung aja ni ane kasi cara buat USB bootable dengan Rufus !!!!
Ada beberapa utility yang dapat kita gunakan untuk membuat USB bootable seperti UNetbootin, Windows 7 USB Download tools dan lain-lainnya. Namun ada aplikasi alternatif yang fungsinya sama, yaitu Rufus – aplikasi pembuat USB bootable yang ukurannya kecil, kompak, dan portable.
Rufus adalah aplikasi kecil yang dirancang untuk melakukan format dan membuat USB bootable pada media USB seperti pendrive, memory stick, dan lain-lainnya. Rufus dapat digunakan pada saat :
  • Anda ingin membuat bootable USB untuk instalasi sistem operasi Windows atau Linux.
  • Bekerja pada komputer yang tidak memiliki sistem operasi.
  • Melakukan upgrade firmware atau BIOS.
  • Menjalankan aplikasi low-level seperti proses low-level format.
Rufus lebih cepat dan efisien dalam melakukan pembuatan bootable USB. Dalam benchmark, Rufus mampu bekerja 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan aplikasi pembuat USB lainnya seperti UNetbootin, Universal USB Installer atau Windows 7 USB download tool.
Utility ini juga memiliki opsi FreeDOS, sehingga anda dapat menggunakannya untuk booting komputer atau laptop dalam modus DOS. Sangat bermanfaat dan mempermudah anda dalam melakukan proses upgrade BIOS yang membutuhkan DOS command prompt.
Rufus bersifat portable dan dapat dijalankan langsung tanpa harus di instal pada komputer. Rufus mendukung pembuatan bootable ISO untuk beberapa sistem operasi antara lain Arch Linux, Archbang, CentOS, Damn Small Linux, Fedora, FreeDOS, Gentoo, gNewSense, Hiren’s Boot CD, Knoppix, Kubuntu, NT Password Registry Editor, OpenSUSE, Slackware, Tails, Ubuntu, Ultimate Boot CD, Windows 7, Windows 8 Developer Preview, Windows Vista, dan sebagainya.
Anda dapat mendownload Rufus dari link berikut ini (dengan FreeDOS atau tanpa FreeDOS) :
Screenshots :

Cara menggunakan Rufus sangat mudah, ikuti step-stepnya sebagai berikut :
  • Pada opsi “Device” pilih USB drive yang akan dijadikan USB bootable.
  • Saat device sudah dipilih, maka kapasitas nya akan tampil pada “Capacity”.
  • Pada filesystem pilih default saja (FAT32).
  • “Cluster size” pilih default juga (8192 bytes – Default).
  • “New volume label” isikan label untuk bootable USB anda, misalnya Windows 7, Ubuntu, dan sebagainya.
  • Pada bagian “Format Options” :
  1. Hilangkan centang pada “Check device for bad blocks” karena akan memperlambat proses pembuatan bootable USB. Tapi kalo USB anda “sedikit” bermasalah (misalnya lambat pada saat proses baca/tulis file), opsi ini dapat dipilih.
  2. Tandai centang pada “Quick Format” agar format berjalan lebih cepat.
  3. Tandai centang pada “”Create a bootable disk using:”. Disini anda dapat memilih CD/DVD image (ISO), FreeDOS atau MS-DOS (FreeDOS dan MS-DOS dapat dipilih jika anda ingin membuat bootable USB berbasis DOS / tanpa sistem operasi) . Klik gambar DVD drive untuk browse / memilih file ISO.
  4. JANGAN tandai “Create extended label and icon files”
  • Terakhir, pilih “Start” untuk memulai pembuatan bootable USB.
Saat anda menggunakan bootable USB, jangan lupa menyetting BIOS agar “membaca” USB anda pada saat melakukan booting. Untuk mengakses menu BIOS, tekan Del pada komputer anda (atau F2 / F10 pada laptop / netbook), kemudian  carilah “Boot devices priority” atau sejenisnya dan pilih USB device sebagai perangkat pertama untuk melakukan booting.

Semoga bermanfaat.!!!!!

posted by abdul karim nurdin